Senin, 20 Maret 2017

artikel nilai nilai pancasila

Leave a Comment

1.      Apakah anda masih ingat bunyi sila-sila dalam Pancasila?
Jawab  :    Masih, karena pancasila merupkan dasar ideologi bangsa dan negara. Pancasila mewadahi dan menjiwai seluruh perilaku masyarakat indonesia. Dimulai dari Ketuhanan yang Maha Esa, masyarakat yang memiliki agama dan yakin dengan adanya Tuhan yang berpedoman pada Kitab dan kepercayaan masing masing agama. Kemanusiaan yang adil dn beradab, masyakarakat yang tenggang rasa, ramah tamah, dan rasa toleransi yang tinggi sesama masyarakat indonesia. Persatuan indonesia, masyarakat indonesia yang memiliki kebudayaan gotong royong dalam melakukan aktifitas. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, dalam permusyawaratan perwakilan, masyarakat indonesia yang demokratis dan patuh akan pemerintahan indonesia. Keadailan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, masyakat yang sadar akan hukum dan percaya akan sistem hukum indonesia untuk menjadi pedoman dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

2.      Menurut Penilaian anda, semakin baik atau burukkah sejumlah kondisi berikut di dalam masyarakat Indonesia saat ini ?
·      Kebebasan beribadah : Semakin buruk, karena semakin banyak golongan dalam agama menimbulkan perdebatan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan dan menimbulkan fanatisme.
·      Toleransi antar umat beragama : Semakin baik, karena masyarakat indonesia semakin baik menyikapi tentang perbedaan agama yang didasari rasa toleransi dan menghargai satu sama lain.
·      Kebebasan mendirikan tempat ibadah : Semakin baik, karena pembangunan dan merenopasi tempat ibadah semakin diperhatikan.
·      Pelaksanaan hak hak azasi manusia: tetap, baiknya mayarakat dapat menyarakan aspirasi mereka, dan buruknya dijadikan tameng dalam berkehidupan yang liberal.
·      Pengaruh terhadap hak hak orang lain : Semakin buruk, karena masih banyak yang merampas hak hak orang lain.
·      Semangat berkorban untuk kepentingan bangsa : semakin buruk, karena pejabat pejabat pemerintahan banyak yang tersandung kasus KKN.
·      Kebanggaan terhadap bangsa dan tanah air : semakin buruk, karena banyak masyarakat indonesia yang meniru kebudayaan luar dan melupakan kebudayaan indonesia.
·      Pelaksanaan demokrasi : semakin baik, karena masyarakat indonesia semakin baik dalam partisipasi pemilu.
·      Pelaksanaan hukum : Semakin buruk, karena hukum di indonesia tajam kebawah dan bisa diatur oleh uang.
·      Pelaksanaan ekonomi : semakin buruk, karena kesenjangan ekonomi meningkat, dan nilai tukar rupiah menurun.

3.      Menurut anda, sudah memadai atau belumkah peran Negara dalam menciptakan keadilan bagi  seluruh rakyat Indonesia dalam bidang-bidang sebagai berikut?
·      Eknomi : tidak memadai, karena masih banyak pengangguran di indonesia, dan kesenjangan ekonomi dan sosial dalam masyarakat.
·      Hukum : tidak memadai, karena hukum indonesia bagi kalangan bawah tidak untuk kalangan atas, hukum yang tajam kebawah membuktikan bahwa hukum indonesia sangat carut marut dan bisa diatur oleh uang.
·      Politik : tidak memadai, karena politik hanya mementingkan golongan masing masing tanpa mementingkan kepentingan masyarakat.
·      Pendidikan : Memadai, karena pmerintah cukup sukses menggalakan wajib belajar 9 tahun.
·      Kesehatan : memadai, karena pemerintah cukup sukses menghadirkan program askes, BPJS, dll.

4.      Menurut anda sudah bebas atau belumkah Indonesia dari penjajahan oleh bangsa lain dalam bidang-bidang berikut ?
·      Ekonomi : belum, karena indonesia negara kaya tapi sumberdaya alam masih banyak yang dikelola oleh negara asing, dan kebutuhan kebutuhan pokok masih diimpor dari negara asing.
·      Politik : Belum, karena indonesia teintimidasi dan terpengaruh dengan politik luar negeri.

·      Kebudayaan : Belum, karena kebudayaan asing sudah masuk dan diaplikasikan dalam berkehdiupan masyarakat, dan lupa akan kebudayaan sendiri.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar